Perkembangan Gadget Di Indonesia

6 min read

perkembangan gedget di indonesia

Perkembangan Gadget Di Indonesia – Gadget merupakan sebuah istilah yang berasal dari bahasa Inggris, yang artinya perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus.

Perkembangan Gadget Di Indonesia

Perkembangan Gadget di indonesia  diprediksi masih dipegang oleh segmen smartphone. Meski kini laptop & komputer memiliki peluang untuk dapat berkembang dan berinovasi, tetapi rasanya masih kalah dengan perkembangan smartphone.Karena hal ini disebabkan adanya, tingkat konsumsi smartphone di Tanah Air akan terus bertambah setiap tahunnya.

Dan Seperti yang sudah diketahui, saat ini perkembangan gadget di indonesia  pertumbuhannya cukup pesat. Bahkan peminat gadget di Indonesia semakin bertambah dari tahun ketahun dan hampir semua kalangan masyarakat gemar menggunakan gadget. Untuk gadget yang sering digunakan dan minati orang di antaranya yaitu Blackberry, Apple, dan Android.

Berikut penjelasan mengenai tiga gadget yang diminati sebagai berikut:

1.Blackberry

Jenis Blackberry bukan hal yang asing di berbagai kalangan masyakat Indonesia. Dengan ditandai dan dinobatkannya Indonesia sebagai negara dengan pengguna gadget Blackberry terbanyak di dunia. Dan Gelar ini masih disandang Indonesia pada Agustus 2012, di kawasan Asia Pasifik

Karena banyak analis yang telah mengatakan bahwa Indonesia merupakan pasar yang unik. Dari keunikan ini terlihat dalam melakukan pembelian dan penggunaan sebuah ponsel. Karena terlihat, pada pembelian ponsel Blackberry yang terus meningkat.

2.Apple

Jenis Gadget Apple terkenal akan perangkat keras yang diciptakannya, dari mulai dari iMac, Macbook, perangkat pemutar lagu iPod, dampai dengan ponsel pintar iPhone.

Sebab hal ini ditandai dengan bermunculannya beberapa milis fanatik Apple, seperti Mac.web,id, Mac Club Indonesia, id-Mac, dan id-AppleDari keberagaman komunitas yang pengguna produk Indonesia ini sempat meraih tanggapan positif dari media informasi.Nampak, saat salah satu stasiun TV nasional membahas komunitas ini dalam acara yang bertema teknologi.

3.Android

Dengan Pertumbuhan pengguna Android di Indonesia yang terus bertambah. Hingga Google pun mulai melirik Indonesia, menjadi pasar yang sangat berpotensi untuk produknya. Hingga sampai pada akhirnya google memutuskan untuk membuka kantor di Indonesia.

Menurut adanya informasi teknologi yang telah berkembang, pertumbuhan positif pengguna sistem operasi android, adalah salah satu alasan google membuka kantor di Indonesia.hingga akhir tahun 2012, jumlah pengguna telepon seluler berbasis Android di Indonesia mampu menembus lebih dari 2,5 juta penggunanya.

Untuk potensi Android tersebut akan terus ada peningkat, karena jejaring pengguna yang begitu fanatik. Hingga id-Android yang tidak lain merupakan milik resmi pecinta sistem operasi Android yang telah mencapai 9 ribu orang. Dan dengan begini, Android akan melangkah pasti di pasaran Indonesia.

Ini merupakan alasan mengapa banyak orang menggunakan sistem operasi ini karena sifat yang lebih terbuka dan membebaskan para penggunanya untuk mengutak-atik sistem ponselnya

Dan beberapa perusahaan gadget saat ini tengah berlomba-lomba untuk mengembangkan teknologi produk dengan keunggulan masing-masing. jadi jangan heran lagi,bila beberapa tahun ke depan,teknologi gadget semakin trend.

Fungsi Dan Manfaat

Manfaat

1. Media Komunikasi

Adalah sebagai alat komunikasi .Jadi setiap orang bisa terhubung dan saling berkomunikasi dengan menggunakan perangkat komunikasi seperti smartphone ,laptop,smart watch dan lainnya.

2. Akses Informasi

Sebagai alat untuk mengakses berbagai infomasi dan berbagi infomasi di internet.

3. Gaya Hidup

Boleh dikatakan gadget saat ini sangat mempengaruhi manusia pasalnya kita sangat membutuhkannya.

4. Memperluas Wawasan

Dari beberapa fungsi gadget diatas kita membuat para pengguna gadget memperoleh dan bertambah akan wawasannya tentang teknologi.

Jenis-Jenis Gadget

Berikut ini pembahasan jenis gadget cukup banyak orang yang menganggap gadget hanya terbatas pada smartphone.berikut ini adalah beberapa jenis gadget yang banyak digunakan

1.Handphone

Adalah jenis gedget yang paling banyak digunakan orang sekarang .Perkembangan handphone pun mengalami perubahan teknologi yang sangat cepat.Untuk Jenis handphone populer pada saat ini yaitu smartphone dengan menggunakan operating system seperti iOS, Android, dan Windowsphone.

2.Laptop/Komputer

Merupakan jenis gadget yang sangat sering digunakan untuk berbagai keperluan terutama dalam pekerjaan dan pembelajaran.Gadget ini juga membutuhkan operating system agar dapat berjalan, seperti; Windows, Mac, Linux, dan lainnya.

3.Ipad danTablet

Gadget jenis ini merupakan bentukyang besar handphone.Memiliki ukuran layar yang lebih besar dari handphone,Ipada dan Tablet dapat menampilkan gambar dengan ukuran yang lebih besar dan jelas sehingga mempermudah pengguna nya pada saat menonton,bermain game dan sebagainya.

4.Handset atau Headphone

Handset atau Headphone adalah Gadget yang digunakan untuk mendengarkan musik agar lebih jelas.Dengan bantuan gadget ini, pengguna dapat menikmati suara musik atau video dengan lebih jelas tanpa harus mengganggu orang lain.

5.Kamera Digital

Untuk kamera digital ini juga masih masuk kedalam kategori gadget.karena kegunaan dari kamera digital itu sendiri adalah untuk menangkap gambar suatu objek, baik dalam bentuk foto maupun video.

Dampak Negatif Pengguna Gadget

Jika seseorang sebagian besar waktunya dihabiskan untuk bermain gadget maka orang tersebut sudah bisa dikatakan kecanduan,berikut contoh hal yang menyebabkan kecanduan seperti smartphone, tablet, laptop, atau portable gaming device.Ini istilah dimana kondisi ini merupakan nomophobia (no mobile phobia), yaitu ketakutan untuk aktivitas sehari-hari tanpa menggunakan smartphone maupun gadget dalam bentuk lainnya:

1.Anda dapat mengukur tingkat kecanduan terhadap gadget dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut
2.Apakah Anda sering merasa tidak nyaman jika gadget tidak bersama Anda?
3.Apakah Anda merasa keberatan atau enggan jika tidak memegang gadget, meskipun hanya sebentar?
4.Apakah Anda sering menggunakan gadget di waktu makan?
5.Apakah Anda kerap memeriksa status atau unggahan (posting) pada gadget di tengah malam?
6.Apakah Anda lebih sering berinteraksi dengan gadget daripada dengan orang lain?
7.Apakah Anda menghabiskan banyak waktu untuk membuat cuitan di Twitter, membalas status-status di Facebook, atau mengirim surel menggunakan gadget sebagai bentuk komunikasi kepada orang lain?
8.Apakah Anda lebih sering bermain gadget, padahal Anda tahu bahwa seharusnya Anda bisa melakukan hal lain yang lebih produktif?
9.Anda mulai kencenderungan untuk menggunakan gadget, padahal sedang sibuk dengan tugas sekolah atau pekerjaan kantor?

Dampak Kecanduan Gadget

Dampak pada orang yang kecanduan gadget bisa mengalami berbagai efek buruk, tidak peduli usia dan profesinya. Berikut dampak yang dapat muncul akibat kecanduan pada gadget adalah:

Efek fisik

Ini beberapa dampak negatif terhadap kesehatan fisik akibat kecanduan gadget adalah:

1. Masalah pada mata

Sebab terlalu lama menatap layar gawai, mata bisa bermasalah dalam melihat.macam masalah pada mata yang berisiko terjadi pada pecandu gadget adalah mata lelah, mata kering, dan penglihatan terganggu.

2. Nyeri di bagian tubuh tertentu

Pada seorang yang telah kecanduan gadget tidak begitu menyadari bahwa lehernya sering tertekuk dan jari-jari tangannya tidak berhenti mengetik di layar gawainya. Faktor ini membuat mereka rentan mengalami sakit pada leher, nyeri bahu, serta nyeri pada jari-jari dan pergelangan tangan.

3. Infeksi

Layar gadget adalah sarangnya jutaan kuman. Hingga ada riset menyatakan bahwa kuman E.coli penyebab diare paling banyak ditemukan pada gadget. Seperti ini dapat membuat orang yang terlalu sering bersentuhan dengan gadget lebih berisiko terkena infeksi.

4. Kurang tidur

Seseorang Pecandu gadget sering kali begadang, sehingga kualitas dan waktu tidurnya berkurang. Apabila trus dibiarkan berkepanjangan, seperti ini dapat menyebabkan gangguan tidur. Hingga masalah pada kesehatan bisa meningkatkan risiko terjadinya obesitas, diabetes, penyakit jantung, bahkan infertilitas.

Berikut ini akibat kurang tidur, seorang pecandu gadget akan kesulitan berkonsentrasi dan mengalami kelelahan sepanjang hari.Seperti ini dapat meningkatkan risiko cidera atau kecelakaan saat bekerja atau menyetir.

Efek psikologis

Tidak hanya masalah pada fisik, kecanduan gadget juga dapat menyebabkan masalah psikologis, yaitu:

1.Menjadi lebih mudah marah dan panik.
2.Stres
3.Sering merasa kesepian karena berjam-jam menghabiskan waktu tanpa bersosialisasi dengan orang lain. Masalah seperti ini dapat meningkatkan risiko terjadinya depresi dan gangguan kecemasan.
4.Sulit fokus atau berkonsentrasi ketika belajar atau bekerja.
5.Masalah dalam hubungan sosial, baik dengan keluarga, teman, rekan kerja, atau pasangan.

Bijak dalam Menggunakan Gadget

Berikut ini adalah cara yang dapat Anda terapkan agar bisa lebih bijak dalam penggunaan gadget dan terhindar dari risiko kecanduan:

1.Tidak menggunakan gadget ketika sedang berjalan, apalagi saat mengoperasikan kendaraan bermotor. Masalah seperti ini dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain. Pinggirkan kendaraan dan berhentilah sejenak jika Anda merasa ada notifikasi penting.
2.Beri batasan waktu dalam penggunaan gadget, misalnya maksimal dua atau tiga jam sehari.Apabila yang pekerjaan mengharuskan Anda untuk menggunakan gadget, maka cobalah cari aktifitas lain yang tidak mengunakan gadget setelah selesai bekerja.
3.Tidak menggunakan gadget ketika sedang makan bersama atau saat acara keluarga. Dahulukan bentuk komunikasi secara langsung agar Anda dan keluarga bisa menikmati kebersamaan dan tetap menjalin kedekatan.
4.Usahakan ada area bebas gadget, misalnya tidak menggunakan gadget ketika berada di kamar mandi, dapur, atau kamar tidur.
5.Rubah waktu penggunaan gadget dengan aktivitas yang lebih sehat dan bermanfaat, misal berolahraga atau membaca buku.
6.Jangan bermain gadget ketika akan tidur.

Demikian ulasan dari kami tentang perkembangan gadget di indonesia semoga bermanfaat dan dapat membantu.

Maria Rosalina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *