Faktor Yang Mempengaruhi Gaya Hidup

5 min read

Faktor Yang Mempengaruhi Gaya Hidup

Faktor Yang Mempengaruhi Gaya Hidup – Gaya hidup merupakan kata lain dari Life Style, yang didefinikasi sebagai bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang dapat berubah sesuai dengan zaman atau keinginan seseorang untuk merubah pola gaya hidup. Gaya hidup dapat diketahui dari kebiasaan, berpakaian, dan sebagainya. Dan juga gaya relatif tergantung dari penilaian Masing-masing orang yang menilainya.

Jadi pada dasarnya setiap orang pasti ingin memiliki tubuh yang sehat dan bugar, tapi dengan seiring berkembangnya zaman dan kesibukan, terkadang kita menjadi lupa untuk menjalani pola hidup sehat guna menjaga kesehatan. Akibatnya, kita menjadi sering terjangkit berbagai macam penyakit dan tidak jarang penyakit tersebut adalah penyakit serius.

Jika kita sudah terjangkit penyakit, maka akan ada banyak hal yang merepotkan lalu juga tertunda. Dan harus mengeluarkan biaya untuk pergi ke dokter dan membeli obat, bisa mengakibatkan aktifitas kita menjadi tertunda, dan kita akan merepotkan orang lain sebab kita pasti membutuhkan bantuan sehingga mereka harus merawat kita. Hal ini hanya sebagian hal dari banyaknya kerepotan yang terjadi saat kita sakit. Jadi untuk menghindari hal tersebut, hal yang paling mudah kita lakukan adalah dengan menjalani pola hidup sehat.

Berikut Faktor Yang Mempengaruhi Gaya hidup Sehat Yang Perlu Anda Ketahui:

1. Udara

Faktor Yang Mempengaruhi Gaya Hidup

 

Saat ini pencemaran udara sudah tidak bisa dipungkiri lagi jika menjadi faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan. Dan udara yang kita hirup setiap hari dapat dipastikan dalam kondisi tercemar. Pencemaran ini berasal dari kendaraan bermotor, asap pabrik dan asap rokok menjadi faktor dominan pencemaran udara.

Ada baiknya apabila kita melakukan hal preventative untuk berjaga-jaga akan resiko dari pencemaran udara. Langkah yang bisa dilakukan dengan cara menghijaukan perkarangan rumah kita dengan menanam pepohonan di sekitar rumah untuk menjaga agar lingkungan kita tetap segar.

2. Air

Untuk air sendiri merupakan zat yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Karena tubuh manusia sebagian besar terdiri atas air. Pasti tubuh kita membutuhkan asupan air yang bersih dan sehat untuk menjaga agar semua organ berfungsi dengan baik dan stabil pastinya.

Jika air yang kotor dan tercemar akan menimbulkan menurunnya kualitas kesehatan kita. Jadi pastikan air yang kita konsumsi dalam kehidupan sehari-hari terbebas dari polusi dan bakteri.

3. Makanan dan Minuman

Apakah kita sadar akan makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari selama bertahun-tahun? Jadi yakinkah bahwa makanan dan minuman tersebut diproses dengan tingkat kebersihan yang tinggi?

Apabila kita tidak yakin, Barangkali ada baiknya makan dan minuman masakan sendiri, makanan dan minuman dari bahan yang alami dan bebas dari zat kimia seperti makanan organik.

4. Keseimbangan Emosi

Faktor emosional turut menyumbang dalam perannya mempengaruhi kesehatan. Dan Emosi seringkali dikaitkan dengan produksi hormon dalam tubuh. Sebab pada masa sekarang banyak para pakar yang berpendapat pentingnya kecerdasan emosi, sebab hal itu cukup penting dalam menjaga kesehatan kita. karena Untuk menjaga emosi tetap stabil beraktivitas dan, berekspresi secara wajar dalam kehidupan sehari-hari.

5. Istirahat Cukup

Istirahat seperti tidur merupakan ritual yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Hal itulah kenapa Tuhan menciptakan siang dan malam. Dengan hal ini agar sebagian dari hari yang kita lalui itu dapat digunakan untuk istirahat, dalam hal ini tidur.

Karena tidur dibutuhkan untuk mengistirahatkan organ-organ tubuh kita setelah lelah bekerja. Ketika kita tidur, metabolisme tubuh bekerja, dari mulai peremajaan sel-sel hingga sampai ke pembuangan sejumlah toksin yang ada di dalam tubuh.

Oh iya jangan sepelekan tidur. Dengan tidur yang berkualitas tidak diukur dari lama atau tidaknya kita tertidur. Jika tidur dengan suasana hati yang tenang agar ketika bangun kita akan merasa segar.

5. Olahraga Teratur

Apabila pola gaya hidup kita sehat, dan berolahraga dengan secara teratur, tubuh kita dapat dikatakan sehat. Nyaris semua orang sadar dan setuju akan pentingnya berolahraga. Dapat di sayangkan, hanya sedikit dari kita yang mau melakukannya.

Ada baiknya setiap hari kita meluangkan waktu kita beberapa menit untuk berolahraga. Karena tidak harus olahraga yang sifatnya berat dan menguras banyak tenaga, hanya cukup dengan melakukan olahraga ringan yang dapat kita lakukan di rumah.

Agar selalu jaga kesehatan tubuh dengan pola hidup sehat. Selain rutin berolahraga, perhatikan juga makanan dan kebiasaan Anda sehari-hari agar tubuh tetap sehat dan bugar.

6. Berpikir Positif

Faktor Yang Mempengaruhi Gaya Hidup

Jika dilihat secara psikologi berpikir positif merupakan aktivitas yang dilakukan dengan tujuan untuk membangkitkan aspek pemikiran positif pada diri, baik itu yang berupa potensi, semangat, tekad, maupun keyakinan diri sehingga memunculkan perasaan, perilaku, dan hal positif yang menjadi sistem berpikir.

Kemudian para peneliti telah menemukan manfaat dari berpikir positif untuk kesehatan. Dan salah satu manfaat berpikir positif adalah membantu membangun sistem kekebalan tubuh. Sebab dengan berpikir positif tidak hanya dapat menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan stabil, tetapi juga dapat menunjukkan pengaruh kondisi seseorang secara keseluruhan sehingga mampu memperpanjang usia.

Apabila dengan seseorang yang mempunyai pemikiran positif akan lebih merasa bahagia dan hal ini dapat memicu kamu untuk menjadi orang yang lebih produktif dan aktif.

Lima Kebiasan Buruk Gaya Yang Sebenarnya Baik Untuk Kesehatan

Semua orang pasti ingin hidup sehat, maka oleh karena itu mereka sering kali menghindari kebiasana buruk yang bisa mengganggu atau merusak kesehatan. Tetapi pada kenyatanya, ada beberapa kebiasaan yang bisa dianggap buruk tetapi menyembunyikan manfaatkan kesehatan yang baik, seperti kebiasaan berikut ini.

1. Mandi malam hari

Pada zaman dulu orang percaya apabila mandi di malam hari bisa menyebabkan penyakit sehingga orang dilarang mandi malam hari. Tetapi nyatanya ada penelitian yang menemukan bahwa mandi malam hari bisa menurunkan suhu tubuh dan membuat tubuh cepat merasa mengantuk, terutama saat dalam keadaan gerah dan sangat lelah.

2. Bergosip

Jadi percaya atau tidak, dengan bergosip dalam taraf tertentu dapat mengurangi tres dan bahkan menjaga hubungan baik pertemanan. Dengan bergosip bisa jadi kegiatan positif menurut penelitian yang dilakukan ilmuwan dari University of Pavia, yang menemukan bahwa bergosip bisa melepaskan hormon oksitosin.

3. Sering menggunakan social media

Kubah Masjid – Terlalu sering dan banyak menghabiskan waktu menggunakan media sosial akan membuat kehidupan sosial dalam kehidupan nyata terganggu, bahkan ada banyak pengaruh buruk dari sana. Namun kebalikannya, penggunaan yang wajar bahkan dengan bertujuan yang positif seperti bisnis dan menunjukkan support emosional kepada teman, hal seperti ini mampu meningkatkan kebahagiaan.

4. Berantakan

Kadang menjadi berantakan tidak terlalu buruk. Karena kehidupan yang terlalu rapi bisa saja membuat kita merasa bosan dan bahkan memberi petunjuk dirimu terlalu kaku, serius dan perfeksionis, yang mana cukup menjengkelkan bagi banyak orang yang melihatnya.

5. Tidur terlalu malam

Terlalu begadang terus-menerus sangat tak sehat, namun bila mengetahui batasnya dan dilakukan untuk hal yang baik dan bermanfaat seperti misalnya bekerja, bisa jadi bagus untuk melatih ketahanan tubuh. Tetapi terkadang, pembiasaan perlu dilakukan dengan cara yang agak keras pada tubuh.

Dan itu dia sekian kebiasaan buruk yang ternyata memiliki manfaat tersembunyi untuk dapat menjaga keseimbangan hidup, selama bisa mengetahui batasannya ya Sahabat. Demikian ulasan tentang Faktor Yang Mempengaruhi Gaya Hidup semoga bermanfaat ya sahabat.

Maria Rosalina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *