5 Cara Paling Efektif Untuk Mencegah Virus Corona

5 min read

corona virus

Cara Mencegah Virus Corona – Virus Corona merupakan virus yang menyerang pada sistem pernapasan sampai dengan kematian. Virus Corona merupakan virus jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia. Corona Virus ini bisa menyerang siapa saja tidak pandang usia, baik itu bayi, anak-anak, orang dewasa, lansia, ibu hamil, maupun ibu menyusui. Infeksi dari Corona Virus ini pertama kali ditemukan di kota Wuhan, Cina, pada akhir Desember 2019. Virus satu ini menular dengan cepat dan telah menyebar ke wilayah lain di Cina dan ke beberapa negara dibelahan dunia.

Gejala Virus Corona

Infeksi dari Virus satu ini adalah dapat menyebabkan penderitanya mengalami gejala flu, seperti hidung berair / meler, sakit kepala, batuk, nyeri tenggorokan, dan demam, atau gejala penyakit infeksi pernapasan berat, seperti contohnya demam tinggi, batuk berdahak bahkan berdarah, sesak napas, dan nyeri pada dada.
Namun, secara umum terdapat 3 gejala umum yang bisa menandakan seseorang terinfeksi virus Corona, yaitu:

  • Demam
  • Batuk
  • Sesak Napas

Menurut penelitian, gejala Corana Virus muncul dalam waktu 2 hari sampai 2 minggu setelah terpapar virus Corona.

Langkah Mencegah Penularan Virus Corona
Asal Virus Corona ini didapatkan melalui hewan, seperti kelelawar dan unta, dan bisa menular dari hewan ke manusia, serta dari manusia ke manusia. Cara penularan virus corona antar manusia kemungkinan besar terjadi melalui percikan dahak saat batuk atau bersin.
Orang yang terkena virus corona biasanya mengalami gejala-gejala seperti flu yang disertai demam, batuk, dan pilek. Tetapi orang terkena virus corona beberapa hari setelahnya mengalami sesak nafas pada paru-paru. Sampai saat inipun belum ditemukan pengobatan  untuk virus corona tersebut. Maka dari itu, organisasi kesehatan memperingatkan untuk tidak menyepelekan penyakit ini, dan seharusnya melakukan tindakan pencegahan.

Berikut Ini Merupakan Cara Yang Efektif Untuk Mencegah Virus Corona

1. Yang pertama dengan melakukan cuci tangan dengan benar

Cara paling sederhana namun efektif untuk mencegah penyebaran virus 2019-nCoV. Cuci tangan Anda dengan air yang mengalir kurang lebih 20 detik. Agar cuci tangan sempurna Anda harus memastikan bahwa seluruh bagian tangan tercuci hingga bersih, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku. Kemudian, keringkan tangan dengan menggunakan tisu, anduk yang bersih.

Untuk Anda yang pekerjaannya sebagai komuter yang berada di dalam transportasi umum, pastinya kan sulit untuk menemukan air dan sabun. Anda bisa membersihkan tangan dengan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60% yang lebih baik untuk menghilangkan kuman.

Anda harus mencuci tangan secara teratur setelah melakukan aktivitas yang mengandung banyak kuman. Penting juga untuk ibu yang menyusui , harus melakukan cuci tangan terlebih dahulu sebelum menyusui bayi atau memerah ASI.

2. Menggunakan masker

Tipe masker untuk mencegah virus mempunyai 2 tipe yaitu masker bedah dan masker N95.
Masker bedah adalah masker sekali pakai yang umum digunakan. dan menjamin kebersihannya. Masker yang satu ini sangat mudah ditemukannya, serta memiliki harga yang terjangkau, dan juga nyaman saat dipakai, sehingga banyak orang yang menggunakan masker ini saat melakukan aktivitas sehari-hari.

Walaupun fungsi masker iki tidak efektif untuk mencegah virus, setidaknya dapat mengurangi resiko penyebaran penyakit virus corona. Masker ini lebih disarankan untuk orang yang sakit dibandingkan orang yang sehat walafiat.
Sedangkan masker N95 dibuat untuk memfilter partikel yang bahaya dari udara. Masker N95 sebernarnya masker yang lebih tepat digunakan bagi pencegah virud corona. Walaupun masker ini yang tepat, tetapi tidak nyaman digunakan dalam kehidupan sehari-hari

dan mempunyai harga yang relatif mahal.
Seketika melepas masker dari wajah Anda hindarilah untuk menyentuh bagian dari depan masker, masker bedah maupun masker N95 agar terhindar dari kuman-kuman yang menempel. Untuk setelah melepas masker, Anda diharuskan untuk cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, agar tangan bersih dan terhindar dari kuman yang menempel.

3. Menjaga daya tahan tubuh

Karena dengan daya tahan tubuh yang kuat Anda dapat mencegah dari munculnya berbagai macam penyakit. Disarankan untuk Anda agar mengonsumsi makanan sehat seperti makanan yang mengandung karbohidrat protein, gizi, ditambah dengan mengonsumsi sayur dan buah-buahan, karena hal itu dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda.
Anda juga bisa melakukan olahraga teratur dan istirahat yang cukup, juga menghindari rokok dan minuman beralkohol.

4. Tidak pergi ke negara terjangkit

Tidak hanya Wuhan, tetapi penyakit infeksi virus Corona kini juga sudah meluas ke beberapa negara lain, seperti Jepang, Korea Selatan, Hongkong, Taiwan, India, Amerika Serikat, dan Eropa dan juga negara-negara lainnya. Tidak hanya di negara itu saja, tetapi Virus corona pun juga mewabah di negara tetangga Indonesia, seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Filipina.
Supaya terhindar dari virus corona, untuk Anda disarankan agar tidak pergi ke tempat-tempat yang sudah memiliki kasus infeksi virus Corona atau berpotensi menjadi lokasi penyebaran coronavirus.

5. Menghindari hewan yang memiliki potensi penularan virus corona

Virus corona dapat tersebar melalui hewan yaitu kelelawar dan juga hewan mamalia dan reptil. Oleh karena itu, hindarilah kontak dengan hewan-hewan tersebut
Saat akan mengonsumsi daging atau pun ikan, pastikan daging atau ikan tersebut sudah dicuci dan dimasak sampai benar-benar matang. Dan jangan lupa untuk Anda harus mengindari makanan yang mengandung daging-daging dan juga ikan yang tidak segar lagi.

Jika Anda tiba-tiba mengalami gejala flu seperti batuk, demam, dan pilek, yang disertai lemas dan sesak napas, apalagi bila dalam 2 minggu terakhir Anda bepergian ke Wuhan atau negara-negara lain yang telah mempunyai kasus infeksi virus Corona dan virusnya pun telah mewabah, segeralah periksakan diri Anda ke dokter agar dapat dipastikan penyebabnya dan diberikan penanganan yang tepat.

Untuk seseorang yang diduga sudah terkena virus Corona, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan agar virus Corona tidak menular ke orang lain.

1. Jangan keluar rumah, kecuali untuk mendapatkan pengobatan.

2. Tinggal terpisah dari orang lain untuk sementara waktu. Bila bisa, gunakan kamar tidur dan kamar mandi yang berbeda.

3. Larang dan cegah orang lain untuk mengunjungi atau menjenguk sampai benar-benar sembuh.

4. Hindari pertemuan dengan orang yang sedang sedang sakit.

5. Hindari penggunaan alat makan dan minum, alat mandi, serta perlengkapan tidur dengan orang lain.

6. Gunakan masker dan sarung tangan ketika sedang berada di tempat umum atau sedang bersama orang lain.

7. Pakailah tisu untuk menutup mulut dan hidung disaat batuk atau bersin, lalu buang tisu tersebut ke tempat sampah.

Pengobatan Virus Corona

Untuk penyakit satu ini belum ditemukannya obat untuk menyembuhkan, namun ada beberapa cara yang dapat dilakukan dokter untuk meredakan gejalanya, yaitu:

Memberikan obat pereda demam dan nyeri. Tetapi, untuk anak-anak dokter tidak menyarankan untuk memberikan obat tersebut.
Dokter menyarankan bahwa pada orang yang menderita COVID-19 untuk mandi air hangat dan menggunakan humidifier, berfungsi untuk meredakan batuk dan sakit tenggorokan.

Dokter pun menyarankan untuk istirahat yang cukup dan untuk tidak keluar rumah sebagai pencegahan penyebaran virus corona.
Dianjurkan juga penderita harus banyak minum air putih, yang berfungsi untuk menjaga kadar cairan pada tubuh.

Demikian ulasan kami tentang 5 cara efektif untuk mencegah virus Corona. Semoga bermanfaat.

M. Faizul Ibad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *