Inilah Cara Jitu Menghilangkan Jerawat

7 min read

cara jitu menghilangkan jerawat

Cara Jitu Menghilangkan Jerawat  – Jerawat merupakan masalah kulit yang dialami banyak orang atau semua jenis , baik laki – laki maupun perempuan. Hal ini tentu saja membuat kita terganggu dengan keadaan berjerawat, apalagi untuk tampil di publik. Jerawat biasanya ditandai dengan munculnya bintik merah dan terasa sakit.
Mari kita simak bagaimana cara jitu  menghilangkan jerawat dan bekasnya sampai dengan akar .

Gejala Jerawat

Beberapa gejala umum dari jerawat, antara lain:

1. Benjolan berwarna kemerahan atau bisa berwarna kuning (karena terdapat nanah).

2. Benjolan kecil yang muncul di kulit.

3. Sensasi panas akibat adanya peradangan.

4. Terjadi rasa gatal pada benjolan.

5. Jika diperparah oleh peradangan:

-Pustula, yaitu benjolan kecil yang di ujungnya disertai nanah.
-Papula, yaitu benjolan kecil kemerahan yang terasa nyeri
-Nodul, yaitu benjolan keras yang terjadi di bawah permukaan kulit dan dapat disertai nyeri.
-Kista, yaitu benjolan besar yang terjadi di bawah permukaan kulit yang berisi nanah dan disertai nyeri.

Penyebab Jerawat

Beberapa kondisi penyebab jerawat, antara lain:

1.Produksi sebum berlebih, yaitu zat yang diproduksi oleh kelenjar minyak untuk mencegah kulit kering.

2. Sumbatan pada folikel rambut oleh campuran sel kulit mati dan sebum.

3. Bakteri Propionibacterium acnes yang berkembang, akan menyumbat folikel rambut, serta menyebabkan peradangan.

4. Faktor keturunan, jika salah satu orangtua memiliki masalah jerawat itu akan menjadi sebuah faktor penyebab terjadinya jerawat.

5. Folikel yang mengalami penyumbatan dapat membengkak dan membentuk komedo putih atau komedo hitam bila terkena dengan dunia luar. Keadaan ini seharusnya jangan dianggap remeh, karena bisa berkembang menjadi pustula, papula, nodul, atau bahkan kista, apabila terkontaminasi oleh bakteri kulit.

6. Hormon, aktivitas hormon androgen yang berlebih atau saat terjadi perubahan hormon pada saat masa menstruasi.

7. Stres, merupakan penyebab timbulnya jerawat yang agak sulit untuk diobati. Kebiasaan sehari-hari menjadi tidak terkontrol dan akhirnya mempengaruhi kondisi jerawat semakin memburuk.

8. Memakai Make Up yang sembarangan atau berlebih, karena memakai make up yang sembarang itu bisa membuat munculnya jerawat dan bisa jadi merusak wajah Anda. Selain itu jika anda membeli make up tidak sesuai dengan kondisi wajah anda itu bisa menjadi faktornya, maka dari itu Anda harus memerhatikan kandungan yang make up Anda gunakan.

9. Sering menyentuh wajah, nah ini adalah kebiasaan yang paling buruk yang sering dilakukan. Menyentuh wajah dengan tangan, apalagi tangan anda kotor haduh ini adalah kesalah sangat buruk. Kotoran yang ada ditangan Anda Akan menempel pada wajah Anda dan itu menyebabkan penyumbatan pori – pori Anda.

10. Terlalu sering cuci muka dengan sabun muka, menjaga kebersihan wajah merupakan perawatan yang dianjurkan. Tapi ternyata terlalu sering kita mencuci muka itu bisa menyebabkan jerawat loh, karena kulit wajah Anda akan mudah iritasi dan sensitif.

11. Sering memencet jerawat, kebiasaan ini adalah sering kita lakukan dan sangat buruk. Karena memencet jerawat itu tidak bisa menghilangkan jerawat, maka sebaliknya itu bisa membuat wajah rusak dan meninggalkan bekas.

12. Pengaruh Makanan, ada beberapa jenis makanan yang tidak baik untuk sering dikonsumsi. Contohnya seperti makanan yang mengandung gikemik tinggi. Dan Anda harus waspada jika makanan yang Anda makan itu bisa membuat Anda alergi dan sebaiknya dihindari.

Pencegahan Jerawat

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya jerawat, antara lain:

1. Membersihkan wajah sebelum tidur untuk menghilangkan bekas make up Anda dan untuk membersihkan kotoran karena aktivitas Anda.

2. Mencuci muka dua kali sehari dengan pembersih atau bisa sabun muka yang cocok pada wajah Anda.

3. Menjaga kestabilan stres Anda dengan baik.

4. Menghindari penggunaan pakaian yang terlalu ketat dan jaga kebersihan pakaian Anda.

5. Menghindari produk kosmetik yang mengandung minyak dan gunakan kosmetik yang tidak mengandung merkuri.

6. Menjaga kebersihan tubuh dengan selalu mandi setelah beraktivitas, tapi ya jangan keseringan sampai sehari 5 kali atau lebih.

Cara Jitu Menghilangkan Jerawat

Cara jitu menghilangkan jerawat secara alami, dipercaya manjur untuk membuat kulit kembali sehat dan bebas dari jerawat. Namun perlu diingat, belum banyak penelitian yang bisa mengonfirmasi manfaat bahan-bahan di bawah ini. Jadi, meski cara ini menggunkan kealamian, kita tetap harus berhati-hati dalam penggunaanya.

1. Lidah buaya

cara jitu menghilangkan jerawat
Gel lidah buaya bisa membantu meredakan peradangan pada kulit yang muncul akibat jerawat. Lidah buaya juga mengandung asam salisilat dan sulfur. Dua bahan ini sudah sering digunakan untuk mengatasi jerawat di kulit.

Cara penggunaan lidah buaya untuk menghilangkan jerawat:
Ambil gel lidah buaya secara langsung dengan menggunakan sendok Oleskan secara langsung ke wajah sebagai pelembap Ulangi 1-2 kali sehari Jika muncul iritasi, rasa gatal, atau kemerahan, sebaiknya hentikan penggunaan.

2. Cuka apel

cara jitu menghilangkan jerawat
Cuka apel mempunyai kandungan beberapa jenis asam organik yang dapat dipercaya untuk membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengurangi minyak berlebih. Untuk menggunakan cuka apel sebagai penghilang jerawat, berikut ini adalah cara penggunaanya.

1. Siapkan 1 sendok makan cuka apel dengan 3 sendok makan air campur didalam wadah yang disediakan
2. Bersihkan wajah Anda, setelah itu oleskan campuran cuka apel ke kulit, menggunakan kapas steril.
3. Biarkan selama 5-20 detik. Bilas wajah, lalu keringkan. Tapi juga bisa digunakan saat tidur
4. Ulangi langkah di atas 1-2 kali sehari.
5. Jika kulitmu rentan, berikan cuka apel dengan lebih banyak air.
6. Perhatikan bahwa cuka apel juga dapat menimbulkan iritasi pada beberapa orang, sehingga jangan        menggunakannya secara berlebihan.

3. Madu

cara jitu menghilangkan jerawat
Madu mengandung antioksidan yang bisa membersihkan kotoran di wajah, serta mencegah penyumbatan di pori-pori. Selain itu, madu juga bersifat antibakteri dan mengandung bahan yang dapat membantu penyembuhan luka. Anda cukup mengoleskan madu ke kulit yang ada jerawatnya menggunakan kapas steril, untuk mendapatkan manfaatnya dalam menghilangkan jerawat.

4. Kayu manis

cara jitu menghilangkan jerawat
Kayu manis kaya akan antioksidan dan mengandung bahan antibakteri, dan dapat membantu meredakan jerawat yang meradang. Berikan kayu manis dengan madu campur dalam satu wadah, untuk membuat masker yang bisa meredakan jerawat, dengan langkah berikut. Berika 2 sendok makan madu dengan 1 sendok teh kayu manis bubuk campurkan dalam satu wadah, dan aduk hingga membentuk konsistensi seperti pasta. Selesai wajah dibersihkan, oleskan bahan tersebut ke kulit dan diamkan selama 10-15 menit. Lalu, cuci muka hingga bersih dan keringkan.

5. Bawang putih

cara jitu menghilangkan jerawat
Bawang putih diakui dapat membantu mengatasi infeksi dan meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan bakteri. Kamu dapat menggunakan lebih banyak bawang putih ke dalam asupan harian, untuk mendapatkan manfaatnya. Hendaknya, Anda tidak mengoleskan bawang putih langsung ke kulit wajah yang berjerawat, karena dapat menyebabkan iritasi.

6. Es batu

cara jitu menghilangkan jerawat
Walapum tidak dapat menyembuhkan jerawat secara tuntas, es batu dapat membantu meredakan jerawat yang meradang. Berikan kompresan es batu pada jerawat yang sedang meradang dengan es batu yang dibalut dengan kain, untuk merasakan manfaatnya. Es batu dapat membantu mengencangkan pembuluh darah, sehingga kemerahan dan peradangan di kulit dapat mereda.

7. Perasan jeruk lemon

cara jitu menghilangkan jerawat
Air jeruk lemon mempunyai kandungan asam sitrat, yang baik untuk mengatasi jerawat. Cara menghilangkan jerawat menggunakan air jeruk lemon:
ambil kapas steril,
lalu celupkan ke perasan air jeruk lemon.
Selanjutnya , berikan kapas tersebut ke kulit yang berjerawat, dan diamkan semalaman. Namun, ingat risiko iritasi.
Jika kulit mengalami rasa perih setelah dioleskan air perasan jeruk lemon, lebih baik jangan dilanjutkan perawatannya dan segeralah berkonsultasi dengan dokter.

8. Minyak kelapa

minyak kelapa
Minyak kelapa diakui dapat menjadi cara yang ampuh untuk menghilangkan jerawat secara alami. Kandungan antiinflamasi dan antibakteri yang ada di dalamnya, memungkinkan minyak menghancurkan bakteri penyebab jerawat, dan mengurangi kemerahan serta pembengkakan pada jerawat. Anda dapat menggunakan merk virgin coconut oil, untuk dioleskan ke kulit yang berjerawat.

9. Tea tree oil

Tea tree oil
Tea tree oil banyak digunakan untuk bahan campuran di produk-produk kecantikan penghilang jerawat. Karena, bahan yang ini mempunyai sifat antibakteri dan antiperadangan, sehingga dianggap efektif untuk mengempiskan jerawat.

10. Teh hijau

teh hijau
Teh hijau mempunyai kandungan antioksidan polifenol yang di beri nama katekin dalam jumlah banyak. Sehingga, mengonsumsi maupun menggunakan teh hijau sebagai produk kecantikan, dapat membantu menghilangkan kotoran serta bahan yang bisa menyebabkan kerusakan sel.

11. Putih telur

putih telur
Protein dan vitamin yang terdapat pada putih telur, itu dapat membantu mengencangkan dan mengeluarkan minyak dari kulit. Hal ini dipercaya dapat mencegah terjadinya penyumbatan pada pori-pori, dan membantu meredakan peradangan di kulit akibat jerawat. Manfaatkan putih telur untuk menghilangkan jerawat dengan cara mengoleskannya ke kulit yang berjerawat, dan diamkan selama 10 menit. Lalu, bilas dengan air hingga bersih. Perlu diperhatikan, telur mentah dapat mengandung bakteri yang bisa mengganggu kesehatan. Oleh karena itu, sebisa mungkin pilihlah telur yang bersih dan organik.

12. Kulit jeruk

kulit jeruk

Selain dapat meredakan jerawat, kulit jeruk ternyata juga dapat memperbaiki penampilan kulit secara keseluruhan. Kulit jeruk mempunyai kamdungan vitamin C dan antioksidan, yang baik untuk regenerasi sel kulit. Untuk cara penggunaannya, parut kulit jeruk lalu haluskan dengan air, hingga berbentuk seperti pasta. Setelah itu, berikan dengan cara oleskan ke kulit dan diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air.

13. Redakan stres

Redakan stres
Menggunakan bahan-bahan topikal, memang efektif untuk menghilangkan jerawat. Namun, perawatan dari dalam diri pun perlu dilakukan. Hormon yang dikeluarkan tubuh saat stres, dapat memicu produksi minyak (sebum) berlebih dan menyebabkan kulit meradang, sehingga memperparah jerawat. Lain itu, stres juga bisa memperlambat terjainya proses penyembuhan luka hingga 40%, dan memperlambat penyembuhan bekas jerawat.

14. Olahraga teratur

olahraga teratur
Olahraga dapat memperbaiki sirkulasi darah. Meningkatnya pengaliran darah, dapat membantu memelihara sel kulit agar tetap sehat, sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat dan menghilangkannya.

15. Banyak minum air putih

Banyak minum air putih
Mengonsumsi cukup air putih perlu dilakukan bagi yang sedang berjerawat. Sebab, cairan yang cukup akan membantu proses penyembuhan di kulit berjalan lebih cepat, dan mengurangi risiko munculnya jerawat baru. Bila kulit kering karena kekurangan cairan, maka kulit akan mudah iritasi, sehingga jerawat pun akan lebih mudah muncul.

Demikian ulasan kami tentang cara jitu menghilangkan jerawat, semoga bermanfaat untuk kalian semua :).

Dwi Fajar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *