Cara Ampuh Mengobati Penyakit Maag

7 min read

Cara Ampuh Mengobati Penyakit Maag

Cara Ampuh Mengobati Maag – Penyakit maag atau yang sering disebut dengan DISPEPSIA merupakan gejala penyakit berupa panas dan nyeri pada lambung yang terjadi akibat beberapa kondisi. Dan di antaranya merupakan luka terbuka di lapisan lambung (tukak lambung), infeksi bakteri Helicobacter pylori, efek samping terhadap penggunaan obat anthiinflamasi nonsteroid (OAINS), dan juga pengaruh pikiran stress.

Penyakit Sakit maag merupakan salah satu penyakit yang pada umum terjadi di Indonesia. Berdasarkan data yang diperoleh dari beberapa pusat endoskopi di Indonesia, hampir tujuh ribu kasus sakit maag yang telah dilakukan endoskopi, dan sudah lebih dari 85% merupakan dispepsia fungsional. Sebenarnya Dispepsia fungsional merupakan kondisi sakit maag yang tidak diketahui penyebabnya.

Gejala Penyakit Maag

Hampir sebagian penyakit maag sebenarnya hanya ringan namun juga ada yang berat, untuk penyakit yang ringan ini dapat ditangani tanpa perlu konsultasi ke dokter. Apabila gejala ini terus menerus berangsur dan disertai gejala seperti ini :

  •  Sulit menelan
  •  Nyeri yang terasa perih pada peut dan dada 
  •  Muntah
  •  Berat badan turun tanpa sebab
  •  Sering merasa lapar
  •  Perut kembung
  •  Sering bersendawa
  •  Sakit sat buang air besar

Untuk penderita maag yang berusia diatas 55 tahun keatas dianjurkan segera memeriksakan diri ke dokter jika gejala di atas muncul. Gejala ini bisa memburuk bila disertai dengan pikiran yang sterss.

Sakit maag bisa disebabkan karena kebiasaan makan yang terlalu banyak dan terburu-buru. Terjadinya radang pada pankreas dan usus tersubat, juga dapat memicu sakit maag.

Cara Ampuh Mengobati Maag

Penyakit maag merupakan penyakit yang bisa kambuh jika si penderita tidak makan teratur, terlalu banyak makan, atau sebab lain. Namun untuk bisa meredakan atau menyembuhkannya seorang penderita harus mengkonsumsi obat jika diperlukan. penyakit maag bisa di cegah, yaitu dengan cara makan teratur, makan secukupnya, cuci tangan sebelum makan dan jangan jajan sembarangan.

Sakit maag ringan akan hilang dengan sendirinya. Adapula penyakit maag yang parah dapat diatasi dengan obat-obatan diantaranya adalah:

1. Antasida (Untuk menetralisir asam lambung dan menghilangkan rasa yang nyeri)

2. Agen Cytoprotektif (Unruk melindungi jaringan mukosa lambung dan usus halus)

3. Obat anti sekreatorik (Mampu menekan sekreasi asam)

4. Pompa proton pencegah pertumbuhan bakteri (Menghentikan produksi asam lambung dan menghambat infeks bakteri helicobacter pylori)

5.Simetidin (Mengobati tukak lambung)

6. Ranitidin (Mengobati tukak lampung)

7. Pancrelipase (Membantu pencernaan lemak, karbohidrat, protein dan mengatasi gangguan sakit pencernaan seperti perut kembung, mual, dan sering mengeluarkan gas.

Jenis makanan dan minuman yang dapat menyebabkan maag dan juga kurang baik dikonsumsi antara lain yaitu:

1. Minuman yang dapat merangsang pengeluaran asam lambung antara lain: kopi, anggur merah, minuman bersoda, sari buah sitrus, dan susu.

2. Makanan yang asam dan pedas seperti cuka, merica, dan cabai (makanan seperti ini yang merangsang perut dan bisa merusak dinding lambung).

3. Memakan makanan yang sukit untuk dicerna dan bisa memperlambat pengosongan lambung. Masalah seperti ini bisa menyebabkan peningkatan peregangan pada lambung hingga akhirya dapat meningkatkan asam lambung
antara lain makan yang berlemak, kue, keju, dan coklat.

4. Dengan makanan yang bisa melemahkan klep kerongkongan bawah sehngga menyebabkan cairan lambung dapat naik ke kerongkongan seperti, alkohol, coklat, makanan tinggi lemak, dan gorengan.

5. Mengkonsumsi Makanan dan minuman yang banyak mengandung gas dan juga yang terlalu banyak memiliki serat, antara lain:

  •  Sayur-sayuran tertentu seperti sawi dan kol
  •  Buah-buahan seperti namgka dan pisang ambon
  • Makanan berserat tinggi tentu seperti kedondong dan buah yang dikeringkan
  •  Minuman yang mengandung banyak gas (Seperti minuman soda)

Ada juga, kegiatan yang bisa meningkatkan gas di dalam lambung juga harus Anda hindari, antara lain mengkonsumsi permen khususnya permen karet serta merokok

Cara Ampuh Mengobati Maag dengan Terapi Psikologis 

Dan biasanya seorsng dokter akan lebih menganjurkan terapi psikoterapi atau psikologis apabila penyebab maag berkaitan dengan masalah psikologis, seperti depresi atau gangguan kecemasan. Jika hal ini disebabkan oleh stres, maka dokter akan menganjurkan untuk melakukan meditasi, latihan relaksasi, dan konseling sebagai cara mengatasi maag.

Untuk penyakit Maag yang tidak kunjung diobati bisa lebih parah dan menjadi tukak lambung. Kemungkinan maag bisa menimbulkan komplikasi seperti perdarahan, jaringan parut, kebocoran lambung, bahkan kanker lambung yang dapat mengancam jiwa. Sebenarnya tindakan operasi diperlukan untuk kondisi komplikasi yang sangat parah.

Apabila anda masih ingin berkonsultasi ke dokter lebih lanjut untuk mengetahui cara mengatasi maag yang sesuai dengan kondisi dan keadaan penyebabnya. Karena dokter perlu melakukan tindakan pemeriksaan fisik terlebih dahulu, ditambah pemeriksaan penunjang seperti endoskopi lambung untuk menentukan penyebab maag.

Dan anda perlu berkonsultasi ke dokter apabila maag disertai dengan mual muntah, muntah darah, sulit menelan, kotoran berwarna hitam, hingga penurunan berat badan.

10 Obat Herbal Cara Ampuh Mengobati Maag

1. Madu dan Lemon

Cara Ampuh Mengobati Penyakit Maag

Untuk madu sendiri memiliki kandungan alami yang bisa membunuh bakteri jahat, anti-inflamasi, dan juga kaya akan antioksidan. Dan untuk lemon, meskipun bersifat asam, ia mampu melindungi lambung.

Jika dicampurkan dengan air dan sesuai dosis yang dianjurkan, lemon dapat menyeimbangkan kandungan asam klorida dalam lapisan lambung yang dapat menyebabkan luka atau peradangan dengan memicup produksi mucus.

Jangan lupa awali harimu dengan mengkonsumsi honey-lemon shot setiap pagi, dalam keadaan perut kosong. Untuk dosisnya adalah 1 sendok makan madu, 1 sendok teh lemon, dan air hangat.

Jika rutin meminum, kamu akan merasakan perbedaan pada lambung dan juga metabolisme badan secara keseluruhan.

2. Oatmeal

Biasanya digunakan sebagai makanan diet, oatmeal merupakan biji-bijian sehat kaya akan serat dan mineral yang dapat mengatur pencernaan dengan baik, serta kadar alkalinya dapat mengatasi peradangan di lambung.

Konsumsi oatmeal setiap pagi sebagai sarapan. Dapat melarutkan oatmeal menggunakan air atau susu, lalu menambahkan buah-buahan seperti pisang, apel, dan buah-buah lain yang tidak bersifat asam.

3. Jus Air Kentang

Cara Ampuh Mengobati Penyakit Maag

Ini bisa digunakan untuk mengobati maag secara alami sebab kandungan garam alkalinya. Garam alkali dalam air kentang akan bereaksi dengan asam lambung yang berlebih dalam lambung dan juga mengurangi peradangan lapisan lambung.

Kupas 2 kentang, lalu cuci sampai bersih. Apabila dibersihkan, parut dan lalu peras air jus dari hasil parutan. Setelah itu tinggal menuangkan hingga setengah gelas lalu campur dengan air hangat, setelah itu minum ± 30 menit sebelum makan.

4. Yogurt

Yogurt merupakan probiotik yang biasa dikonsumsi sehari-hari. Propaedeutics bisa menyembuhkan luka atau iritasi dalam lambung dan memberantas bakteri penyebab maag.

Kamu bisa mengkonsumsi yogurt setiap hari dan agar tidak bosan, campurkan dengan bermacam-macam snack seperti oatmeal, buah-buahan, atau granola bar. Tidak hanya mengobati maag,namun juga pencernaan akan lebih lancar.

5. Sari Lidah Buaya

Tidak hanya baik digunakan untuk skin care, namun cairan lidah buaya juga manjur untuk mengobati maag. Sebab kandungannya yang dapat meredakan iritasi di lambung, pembengkakkan lapisan lambung, dan juga menghambat pertumbuhan bakteri penyebab infeksi.

Saran penyajian jus lidah buaya adalah dengan mencampurkan 2 sendok teh gel lidah buaya segar (langsung dari tanamannya) dengan satu gelas air putih. Sebagai obat maag alami yang terdapat ditumbuhan ini bisa diminum dalam dosis 1-2 gelas setiap harinya.

6. Air Rebusan Kunyit

Didalam kunyit mengandung curcumin, yang merupakan kandungan anti inflamasi, anti jamur, dan antibakterial. Dan kandungan ini bisa menenangkan mukosa pada lambung dan mengatasi iritasi saluran pencernaan yang disebabkan oleh maag.

Untuk kunyit dapat dikonsumsi dalam bentuk olahan jamu, atau bisa juga menambahkan satu sendok teh bubuk kunyit dengan air. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, konsumsi air kunyit setiap hari atau setidaknya satu kali setiap dua hari.

7. Teh Hijau

Kandungan antioksidan yang melimpah dalam teh hijau dapat melindungi lapisan lambung dan juga mengurangi gejala-gejala maag seperti mual, kehilangan nafsu makan, dan lain-lain.

Kemudian larutkan teh hijau kedalam air hangat, setelah itu tambahkan madu untuk pemanis alami. Apabila dengan mengkonsumsi teh hijau secara rutin, bisa mengobati maag akut atau bahkan kolik.

8. Air Kelapa

Sebenarnya air kelapa hijau atau minyak kelapa bisa menyembuhkan maag. Didalam air kelapa mempunyai kandungan anti inflamasi yang dapat mengatasi rasa panas dan melindungi lapisan lambung ketika maag sedang kambuh.

Untuk minyak kelapa sendiri mengandung antioksidan yang dapat mengurangi stres pada lapisan lambung karena maag.Kamu bisa mengkonsumsi air kelapa setiap hari. Tidak hanya menyegarkan, peradangan sebab maag juga akan sembuh secara perlahan.

Untuk minyak kelapa, disarankan untuk mengkonsumsi 2 sampai 3 sendok teh setiap harinya bisa secara langsung atau dengan dicampurkan ke makananmu.

9. Jahe

Untuk olahan jahe sebenarnya sangat bermanfaat untuk para penderita maag akut, sebab kandungan anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat mengurangi peradangan dari bakteri yang menyebabkan maag.

Ini cara konsumsi jahe adalah dengan menggigitnya selama beberapa menit, kemudian tenguk air dan telan jahe yang sudah digigit hancur. Apabila sudah tidak sanggup menahan rasa panas jahe ketika digigit, kamu bisa membuat air rebusan jahe.

Triknya, yaitu dengan mencampurkan bubuk jahe, garam batu, dan asafoetida di dalam segelas air hangat. Agar memperoleh hasil maksimal, kamu bisa mengkonsumsi air jahe ketika pagi sebelum memulai aktivitas.

10. Nanas

Cara Ampuh Mengobati Penyakit Maag

Nanas memang dikenal sebagai buah yang asam, tetapi jika sudah benar- benar matang, buah ini justru bisa mengobati maag kamu secara alami.Kandungan enzim pencernaan dalam nanas dapat membantu proses pencernaan protein tanpa membuat iritasi, dan sifatnya yang basa dapat mencegah peningkatan asam dalam lambung.

Konsumsi nanas setiap hari baik secara langsung ataupun dijadikan jus, bisa juga dicampur dengan makanan lain yang baik untuk maag seperti yogurt dan madu.Dan perlu diingat untuk para penderita maag, nanas yang dikonsumsi harus benar-benar matang.

Demikian ulasan  tentang Cara Ampuh Mengobati Penyakit Maag semoga bermanfaat.

Maria Rosalina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *