8 Tempat Wisata di Majalaya yang Belum Terungkap

4 min read

tempat wisata di majalaya

8 Tempat Wisata di Majalaya

Kota Majalaya merupakan kecamatan di sebelah kota Bandung yang pernah dijuluki sebagai Kota Dolar sejak tahun 1960-an yang memang maju dengan daerah khusus tekstil. Kecamatan Majalaya sendiri, ada desa yang menawarkan tempat wisata terbaik untuk keperluan wisata alam. Sebagai tambahan referensi, berikut ini akan kami sampaikan beberapa tempat wisata di Majalaya terbaik yang bisa dikunjungi.

1 . Kawah Kamojang

Tempat wisata di Majalaya yang bisa Anda kunjungi adalah Kawah Kamojang. Ini merupakan kawasan cagar alam dengan ketinggian 1.730 meter di atas permukaan laut. Ada banyak hal yang bisa Anda lihat di sini seperti danau panas, fumarol, secepatnya keluar dari retakan tanah dan juga kawah lumpur.

Luas cagar alam sekitar 10 hektar yang ada di dalamnya memiliki 23 kawah dan dua permukaan danau dengan asap yang keluar di permukaan airnya. Untuk masuk ke objek wisata ini juga sangat terjangkau hanya perlu membayar 5 ribu Rupiah saja per orang.

Berbeda dengan kawah pada umumnya, di sini ada beberapa goa tempat menyeburnya panas dari perut bumi yang terlihat sangat indah dari kejauhan.

Menelusuri lebih dalam, Anda juga bisa melihat beberapa kawah lain seperti kawah kereta api dan kawah manuk yang masing-masing memiliki makna sama seperti yang menyebabkan beberapa lubang menghasilkan suara seperti burung manuk atau kawah kereta yang mengeluarkan suara seperti kereta.

Kawah kereta menjadi kawah yang paling menarik perhatian karena gas yang keluar dari 2,5 bar. Tidak sampai disitu, di sini juga terdapat tempat mandi sauna dengan pemandangan alam terbuka yang disebut kawah hujan dan dapat menyembuhkan beberapa penyakit seperti influenza, jantung, stroke, tekanan darah tinggi dan juga reumatik.

Ditambah lagi, Anda juga dapat melihat beberapa satwa liar dari mulai ayam hutan, lutung, trenggilng, macan tutul, surili, monyet dan banyak jenis burung sehingga Anda dapat melihat berbagai satwa lebih dekat yang tidak dapat Anda rasakan di kota.

2. Pengamplasan Waterboom

Masih seputar wisata air, di Majalaya Anda juga bisa berkunjung ke Sanding Waterboom yaitu taman rekreasi air dengan konsep warna warni. Taman air terbaik di Jawa Barat ini buka dari jam 8 pagi hingga 5 sore dengan harga tiket mulai dari 15 ribu hingga 30 ribu di mana Anda bisa berenang, bermain air dan juga bermain perosotan.

Disini juga sudah menyediakan berbagai fasilitas seperti tempat parkir, kamar bilas, kamar mandi, kamar ganti, tempat istirahat, taman bermain, gazebo, penyewaan tikar, gazebo, penyewaan alat berenang, kantin dan juga mushola.

Waterboom ini terbilang masih baru karena baru dibuka pada bulan Januari tahun 2019. Sementara wahana permainan lain yang bisa Anda coba adalah kolam dewasa, kolam anak, perosotan, adrenalin, kolam bermain, socking adrenalin, ember tumpah, slide keluarga dan masih banyak lagi yang lainnya.

3. Villa Kancil

Destinasi wisata di Majalaya selanjutnya yang dapat Anda kunjungi adalah Villa Kancil Kampoeng Soenda yang ada di Jl. Desa Padamukti, Kampung Bojong Bubu, Kecamatan Solokan Jeruk, Majalaya, Jawa Barat. Lokasi wisata dengan luas 67.000 m2 ini menawarkan pemandangan alam yang sangat cantik ditambah dengan kegiatan outbond.

Untuk Anda yang ingin berkunjung ke Villa Kancil ini, cukup menyediakan tiket masuk sebesar 35 ribu yang sudah termasuk tiket kolam renang dan juga pasar terapung. Sementara agar dapat menikmati fasilitas lainnya, Anda akan dikenakan biaya tiket satuan.

Beberapa jenis permainan yang dapat Anda nikmati di sini adalah ARV, flying fox, outbond, tali tinggi, tangkap ikan, perahu kerbau, kolam renang air dingin dan air panas, pondok, pasar terapung dan juga disediakan tempat untuk menerima.

4. Kebun Jeruk Jersey Paseh

Seperti namanya, di Kebun Jeruk Jersey Paseh ini Anda dapat melihat sekitar pohon jeruk yang ada di puncak gunung dan masing-masing pohonnya masing-masing berisi buah yang lebih baik dari kebun teh Samigaluh di Yogyakarta.

Karena liburan yang ada di puncak, maka tujuan wisata ini sangat cocok dikunjungi keluarga yang ingin berlibur di alam bebas.

Anda bisa menikmati jeruk yang seukuran pola pingpong dengan rasa tidak terlalu asam dan tidak terlalu manis dengan harga 15 ribu per kilogram. Namun untuk Anda yang ingin berkunjung kesini, hanya dengan membayar tiket sebesar 5 ribu, Anda bisa dengan bebas memetik jeruk sepuasnya.

5. Jembatan Cukang Monteng

Pada awalnya, tujuan wisata ini menjalankan jalur alternatif ke Garut. Namun karena bentuknya yang indah, maka Jembatan Cukang Monteng semakin ramai dikunjungi untuk berfoto. Jembatan ini terinspirasi dari Sydney Harbour Bridge Australia yang membentang di antara Gunung Kamojang, Kabupaten Grut dan juga Kabupaten Bandung.

6. Bendungan Leuweung Seureuh

Ini merupakan bendungan dari aliran udara Citarum yang membagi aliran udara daerah sungai Johar, sungai belendung dan sungai Gokgik Karawang yang menyajikan pemandangan tidak kalah indah dengan bendungan Sigura Gura.

Tidak hanya memiliki air yang bersih, tempat ini juga memiliki udara yang sejuk dan sangat indah ditambah dengan banyak pedagang yang bisa mendapatkan manfaat untuk mengisi perut.

Destinasi wisata populer ini akan ramai dikunjungi saat hari sabtu, minggu dan hari libur untuk digunakan berenang dan melihat pemandangan ditambah dengan harga tiketnya yang sangat murah sehingga semakin ramai dikunjungi.

7. Curug Eti

Jurug Eti adalah jurug yang sudah terkenal sejak tahun 90-an yang dibuat sebagai tempat bersantai para wisatawan namun kini sudah banyak didatangi para wisatawan dan menjadi salah satu jurug terbaik di Pulau Jawa.

Jurug Eti juga sekarang sudah dilengkapi dengan saung atau gazebo untuk tempat menerima para turis, saung penjual makanan sampai mushola kecil.

Seperti jurug lainnya, Jurug Eti ini menawarkan suasana yang sejuk dan juga pemandangan alam memukau sehingga cocok dijadikan tujuan wisata bersama keluarga.

8. Mata Air Cempaka

Mata Air Cempaka memiliki air yang sangat bening ditambah dengan nuansa alam yang sangat asri sehingga cocok dijadikan destinasi wisata. Meski dikunjungi saat musim kemarau, Anda masih bisa melihat air yang dihabiskan di Mata Air Cempaka ini dengan tiket masuk terjangkau sebesar Rp5 ribu per orang.

Di dasar kolam, Anda bisa melihat batu berbentuk gentong terbalik yang konon dibuat serupa dengan gentong yang ada di makam keramat Kp. Cijagra. Tidak hanya menikmati kesegaaran udara, namun di sini Anda juga bisa melihat alam yang cantik dari mulai perkampungan dan terasering persawahan.

Demikian ulasan dari kami, kali ini tentang tempat wisata di Majalaya yang terletak di sebelah kota Bandung dengan pemandangan luar biasa dan tidak kalah dengan beberapa daerah terkenal di sekitarnya. Semoga bisa menginspirasi.

 

Eka Maharani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *