7 Tips Jitu Saat Liburan di Musim Hujan

5 min read

Liburan Saat Musim Hujan

Tips Liburan Saat Musim Hujan. Siapa yang tidak suka liburan? Momen yang paling ditunggu kebanyakan orang yang lelah dengan kegiatannya sehari-hari ini identik dengan keseruan yang jauh kata stress.

Ya, liburan seharusnya menjadi pilihan yang pas untuk anda mengembalikan keinginan sehingga tubuh dan pikiran bisa kembali fresh. Lalu, bagaimana jika liburan anda harus terganggu karena cuaca yang tidak bisa diperkirakan?

Cuaca yang tidak mendukung sering menjadi kendala yang menjengkelkan bagi para wisatawan. Contohnya hujan dimana sulit bagi anda untuk berpergian ke beberapa tempat wisata jika hujan datang. Pengalaman berlibur pun terasa kurang maksimal.

Menemui masalah di atas, jangan cemas karena kami punya tips liburan saat musim hujan sehingga hujan bukan halangan bagi anda untuk menikmati liburan.

Setelah membahas tips menjaga kesehatan saat wisata, ini dia beberapa tips menikmati liburan saat musim hujan versi TempatWisataUnik.

1.Perhatikan perkiraan cuaca

Langkah pertama yang harus anda lakukan ketika berlibur saat musim hujan sedang berlangsung adalah memantau perkiraan cuaca secara berkala.

Hal ini penting dilakukan karena intensitas hujan pada musim hujan jelas lebih tinggi ketimbang hujan di musim lainnya. Fenomena inilah yang kerap mengganggu perjalanan wisata anda. Contohnya jika anda ingin pergi ke tempat wisata di Buleleng.

Harus diketahui ada beberapa tempat wisata yang cukup berbahaya untuk didatangi saat musim hujan. Contohnya adalah pantai atau laut dimana air akan mengalami pasang yang tidak jarang diikuti dengan ombak tinggi.

Jika anda ingin untuk pergi ke pantai, tunda rencana tersebut. Faktor keselamatan menjadi alasan utama mengapa anda tidak diperbolehkan untuk pergi ke pantai maupun laut saat musim hujan sedang berlangsung.

Sebagai pilihan, anda bisa pergi ke daerah wisata lainnya seperti mall atau pusat perbelanjaan lainnya.

2.Pilih lokasi liburan yang sesuai

Tentu, hujan tidak bisa dicegah. Oleh karena itu, kita harus pintar-pintar menentukan lokasi liburan mana yang ingin didatangi. Jika tidak teliti dan memaksakan kehendak, pengalaman liburan pun akan terganggu.

Jika anda berencana untuk berlibur ke wisata sejarah di Bogor, bisa dipastikan hujan akan turun di wilayah tersebut mengingat Bogor merupakan kota hujan.

Sebagai alternatif, anda bisa memilih lokasi liburan indoor bukan outdoor dimana destinasi tersebut berada di dalam ruangan. Berbeda dengan lokasi liburan outdoor yang menawarkan keindahan di alam terbuka.

3.Siapkan payung

“Sedia payung sebelum hujan”. Kata kata tersebut tentu sudah tidak asing lagi di telinga anda. Ya, keberadaan payung sangat diperlukan saat anda sedang belibur di manapun saat musim hujan.

Tips liburan saat musim hujan yang selanjutnya bisa anda pilih adalah mempersiapkan payung. Payung sangat berguna jika tiba tiba hujan turun di tempat wisata yang anda kunjungi seperti wisata Gunung Pancar Sentul Bogor.

Tentu, anda tidak ingin kehujanan saat sedang liburan, bukan? Maka dari itu sangat penting untuk selalu membawa payung kemana pun anda pergi saat liburan.

Sebagai tambahan, pilihlah payung yang punya ukuran simpel dan bisa dimasukkan ke dalam tas agar anda tidak kerepotan. Dengan begitu, anda tidak perlu kerepotan untuk membuka payung saat hujan tiba-tiba turun.

4.Jaga kondisi tubuh

Musim hujan adalah musim yang rentan penyakit dimana metabolisme tubuh tidak jarang menurun dratis. Hal inilah yang kemudian cukup sering dikeluhkan para wisatawan. Kurangnya menjaga kondisi tubuh menjadi alasan mengapa tubuh sering kali kurang vit saat musim hujan.

Memutuskan untuk liburan saat musim hujan, butuh persiapan yang ekstra. Kunci utama agar tetap vit saat musim hujan adalah dengan menjaga kondisi tubuh.

Lalu, bagaimana cara menjaga tubuh saat musim hujan? Caranya cukup mudah. Utamakan untuk makan tepat waktu, minum air putih yang cukup, dan mengonsumsi vitamin C untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Hindari juga hujan-hujanan karena tubuh akan kedinginan sehingga tubuh lebih mudah terkena flu dan demam. Jika sudah begitu, liburan anda terganggu, bukan?

Sebagai pelengkap, anda bisa membawa obat-obatan selama liburan yang fungsinya untuk menjaga metabolisme tubuh.

5.Konsumsi makanan hangat

Musim hujan kerap disebut-sebut musuhnya para wisatawan. Tidak salah, memang. Hujan tak jarang menjadi penghambat aktivitas liburan, khususnya bagi anda yang sudah merencanakan akan pergi ke destinasi wisata mana saja selama liburan.

Salah satu tujuan dari berlibur adalah menikmati kuliner yang khas dari destinasi liburan tersebut. Terkadang, wisatan lupa akan pentingnya menjaga asupan makanan saat berlibur di lokasi yang sedang mengalami musim hujan.

Jika anda berada di lokasi liburan dengan intensitas hujan yang tinggi, ada baiknya untuk menghindari makanan-makanan dingin seperti es krim. Pilihlah makanan hangat seperti sup untuk menghangatkan tubuh.

Tujuannya jelas, agar anda tidak terkena sakit saat sedang berlibur. Seperti yang sudah kami sebutkan, musim hujan seringkali akan flu dan demam.

6.Gunakan pakaian hangat

Selain makanan, pakaian juga sangat penting untuk diperhatikaan saat anda berlibur di lokasi yang sedang sering musim hujan.

Hujan identik dengan dingin. Sebagai antisipasi dari flu dan demam, dua penyakit yang umumnya terjadi saat musim hujan, anda bisa menggunakan pakaian hangat agar tubuh tidak dingin sehingga metabolisme tubuh tetap terjaga.

Pakaian berbahan tebal sangat direkomendasikan untuk dipakai saat musim hujan. Silakan siapkan beberapa potong pakaian yang mampu menahan rasa dingin. Dengan begitu, pengalaman berlibur anda tidak akan terganggu.

7.Siapkan dana ekstra

Ketika memutuskan untuk liburan, tentu perlu perencanaan budget agar dana yang dikeluarkan tidak berlebihan. Selain budget hotel, akomodasi, dan makan, sangat dianjurkan untuk menyiapkan dana esktra alias dana tambahan.

Dana tambahan ini nantinya bisa anda gunakan jika anda mengalami sakit seperti flu maupun demam yang disebabkan oleh hujan. Dana tersebut sifatnya darurat. Silakan gunakan jika anda membutuhkan penanganan dokter.

8.Manfaatkan promo saat musim hujan

Tips yang satu ini seringkali tidak diperhatikan, padahal dapat menguntungkan Anda dari segi dana ataupun suasana privat yang Anda butuhkan. Saat musim hujan, banyak wisatawan yang tidak mau bepergian. Hal ini dapat berpengaruh pada pendapatan pihak hotel atau tempat tempat wisata. Mereka akan mengadakan promo untuk menjaga kestabilan pendapatan. Anda dapat mencari info info melalui sosial media atau berbagai aplikasi wisata. Selain mendapatkan potongan harga, saat musim hujan pengunjung tempat tempat wisata akan berkurang sehingga Anda akan mendapatkan suasana yang lebih tenang. Karena jika saat liburan tempat tempat wisata ramai dikunjungi banyak orang maka sering kali ketenangan Anda terganggu dan suasana ramai yang mungkin tidak Anda sukai. Maka dari itu tidak ada salahnya melakukan travelling saat musim hujan karena justru akan memberikan beberapa keuntungan yang tidak akan kita dapatkan jika tidak pada musim hujan.

9.Antisipasi keterlambatan transportasi karena cuaca buruk

Saat cuaca buruk beberapa alat transportasi dapat terlambat datang atau bahkan ditunda. Seperti halnya penerbangan pesawat, seringkali jadwal akan ditunda karena cuaca buruk yang dapat membahayakan penumpang. Hal ini membuat Anda merasa bosan saat menunggu dan menjadi badmood. Jika malas anda dapat antisipasi dengan melakukan beberapa hal yang Anda sukai seperti membaca buku, bermain game atau sekedar keliling area bandara. Tetapi perlu di ingat jangan sampai Anda lupa dengan pengumuman pihak penerbangan. Dan jika saat ada pengumuman keberangkatan Anda tidak berada ditempat atau terlalu sibuk bermain game sehingga tidak mendengar pengumuman.

10.Pilih penerbangan yang tidak memerlukan transit.

Apabila Anda wisatawan yang menggunakan transportasi udara ini, pilihlah penerbangan yang langsung ke destinasi travelling. Hal ini akan mempercepat waktu Anda dan sampai tujuan lebih cepat. Tentukan jadwal penerbangan sesuai dengan rencana dahulu, untuk menghindari kehabisan tiket pesawat.

Itu dia 10 tips liburan saat musim hujan yang harus anda ketahui. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur.

Eka Maharani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *