5 Tempat Wisata di Basel yang Paling Populer

5 min read

5 Tempat Wisata di Basel yang Paling Populer

Tempat Wisata di Basel Paling Populer. Merencanakan untuk pergi berlibur? Banyaknya tempat tempat wisata yang menarik tentu tidak jarang membuat anda bingung tempat mana yang ingin anda datangi.

Swiss memiliki banyak kota yang indah dan wajib untuk dikunjungi saat berlibur, salah satunya Basel. Kota industri dan farmasi ini memang tidak seterkenal seperti kota Bern, Jenewa, dan Jungfrau. Namun, Basel menawarkan ketenangan dan kecantikan tersendiri. Jika Anda memang berencana ke Eropa atau Swiss pada khususnya, jangan lewatkan kota yang merupakan perbatasan Swiss, Prancis, dan Jerman ini.

Beberapa hostel atau hotel di kota Basel menyediakan mobility ticket atau kartu transportasi sebagai compliment. Anda pun dapat menggunakannya untuk naik tram secara cuma-cuma yang berlaku selama 2 hari. Jadi, Anda pun terbebas dari biaya transportasi selama di sini. Berikut 4 spot yang bisa Anda kunjungi selama berlibur di Basel.

Jika anda suka dengan kota wisata di Swiss yang indah, tak ada salahnya menjadikan Basel, salah satu kota di Swiss sebagai destinasi wisata anda. Tentu, berwisata ke Eropa memberikan pengalaman berlibur yang sangat seru.

Identik dengan arsitektur menawan yang berpadu dengan indahnya panorama pegunungannya, Basel adalah tempat yang pas untuk berlibur. Anda bisa menemukan banyak tempat wisata di kota cantik tersebut.

Di bawah ini, kami sudah punya rekomendasi tempat wisata di Basel yang layak untuk anda kunjungi agar mendapatkan pengalaman berlibur di Swiss yang berkesan. Beberapa di antaranya adalah:

1.Kota Tua

Bagi warga DKI Jakarta, wisata Kota Tua Jakarta tentu bukan hal asing lagi. Tidak hanya Jakarta saja, saat anda berkujung ke Basel, Swiss anda juga bisa menemukan keberadaan Kota Tua di negara yang terkenal akan olahan cokelatnya ini.

Ya, letaknya yang strategis menjadikan Kota Tua Basel sebagai tempat yang paling sering dikunjungi wisatawan. Hanya dengan berjalan kaki di pusat kota Basel, anda bisa langsung sampai di Kota Tua Basel.

Tentu, ada perbedaan jelas antara Kota Tua di Basel dan Kota Tua di Jakarta. Jika di Kota Tua Jakarta, peninggalan Belanda terasa begitu kental, di Kota Tua Basel ini, arsitektur maupun ornamen kotanya mayoritas dibuat oleh seniman Kota Basel.

Sebut saja air mancur bernama Tinguely Fountain yang dibuat oleh seniman asal Basel, Jean Tinguely. Hasil tangan Tinguely kini menjadi ikon yang unik di Kota Tua Basel.

Ada satu yang unik dari Tinguely Fountain dimana di air mancur ini, disematkan proyeksi film yang akan terasa indah jika dikombinasikan dengan air mancurnya itu sendiri. Tak heran jika kemudian spot tersebut sering dipadati pengunjung maupun wisatawan.

2.Sungai Rhein

Berencana untuk mengunjungi tempat wisata di Swiss yang paling populer? Jika iya, maka silakan masukkan nama Sungai Rhein ke dalam daftar perjalanan anda.

Ya, sama seperti Kota Tua Basel, Sungai Rhein adalah destinasi wisata yang populer di sekitaran Kota Basel. Ada yang unik dari Sungai Rhein dimana sungai ini membelah Kota Basel menjadi dua bagian.

Bagian yang dimaksud adalah Kota Basel kecil dan Kota Basel besar. Sungai Rhein secara tidak langsung memecahkan Kota Basel yang menjadikan kota tersebut terasa unik.

Tertarik untuk menyusuri Sungai Rhein yang airnya sangat jernih? Anda bisa menyewa sebuah perahu mirip gondala untuk merasakan perjalanan mengitari seantaro Kota Basel hanya dengan merogoh kocek sebesar 30.000 saja.

Di sepanjang Sungai Rhein, anda akan menemukan bangunan-bangunan khas Kota Basel yang arsitekturnya sangat otentik sekali. Tertarik untuk mengelilingi Sungai Rhein?

3.Basel Munster Cathedral

Gereja adalah tempat ibadah yang selalu dijaga kesuciannya bagi siapapun yang memeluk agama Kristen. Tercatat, ada beberapa gereja terbesar di dunia yang menawarkan keindahan aksitektur dimana geraja-geraja tersebut tak terlepas dari peran sejarah.

Ya, di Swiss sendiri, khususnya di Kota Basel yang asri dan sejuk, anda bisa menemukan sebuah gereja bernama Basel Munster Cathedral yang arsitekturnya begitu mengagumkan.

Basel Munster Cathedral adalah gereja bernuansa merah muda dengan dua menara kembar yang menjadikannya begitu ikonik. Berdiri sejak ribuan tahun lagu, Basel Munster Cathedral adalah peninggalan sejarah yang masih terus dijaga hingga saat ini.

Awalnya, Basel Munster Cathedral merupakan gereja Katolik. Namun, kini Basel Munster Cathedral berubah fungsi menjadi gereja Protestan. Dari nilai sejarahnya sendiri, Basel Munster Cathedral terasa begitu kental.

Ya, di Basel Munster Cathedral ini terdapat makam Erasmus, tokoh kemanusiaan dari Rotterdam yang sempat tinggal di Basel.

Basel Munster Cathedral sendiri berdiri di atas bukit yang menjadikan bangunan ini sempat tempat wisata di Basel yang paling tinggi. Banyak wisatawan yang menjadi Basel Munster Cathedral sebagai background foto.

4.Marktplatz

Sama seperti tempat belanja di Paris, Basel yang terletak di Swiss dimana ia sama-sama berada di satu benua dengan Paris, juga punya spot belanja untuk anda yang sedang berlibur ke kota tersebut.

Ya, saat sedang berlibur ke Eropa, tak lengkap rasanya jika tidak berbelanja. Pasalnya, barang-barang otentik yang ada di negera Eropa, sulit untuk ditemukan di luaran sana. Basel adalah salah satunya.

Jika Paris terkenal akan industri fashionnya, lain halnya dengan Basel dimana kota ini menjadikan cokelat dan keju sebagai hasil olahan yang dijajakan para pedagang setempat.

Ya, buat anda yang ingin mencicipi atau membawa pulau cokelat dan keju khas Basel yang rasanya sangat lezat, anda bisa berkunjung ke Marktplatz.

Marktplatz adalah pasar tradisional yang terletak di alun-alun Kota Basel. Pasar tradisional ini cukup dipadati orang-orang mengingat tempat wisata ini menjadi tempat berkumpulnya para pedagang di Kota Basel.

Para pedagang umumnya menjual hasil ladang mereka. Seperti yang sudah kami sebutkan tadi, cokelat dan keju mendominasi di Marktplatz ini.

5.Rathaus

Ingin berjalan-jalan santai di Kota Basel yang punya panorama menenangkan hati? Anda bisa mengelilingi pusat kota dimana anda akan menemukan banyak gedung-gedung bersejarah di kota tersebut.

Salah satu yang paling terkenal adalah Rathaus. Jika anda sedang berkeliling di Kota Basel, sayang rasanya jika anda tidak berhenti sejenak untuk melihat-lihat gedung berarsitektur memukau tersebut.

Ya, Rathaus adalah gedung balai kota yang secara visual, jauh dari gambaran gedung balai kota seperti pada umumnya. Rathaus berdiri kokoh dengan arsitektur yang sangat cantik.

Bangunan tingkat yang terbentang luas ini mempunyai cat bercorak merah. Berbagai ornamen khas Eropa seperti penempatan patung, hall tanpa pintu, hingga desain atapnya, terlukis dengan jelas di Rathaus ini.Rathaus juga kerap dijadikan spot selfie bagi para wisatawan yang sedang berlibur di Kota Basel. So? Sayang untuk melewatkan Rathaus ini.

Itu dia tempat wisata di Basel yang sudah kami ulas dan rekomendasikan untuk anda kunjungi. Semoga menambah wawasan anda terimakasih. Selamat berlibur!

 

Eka Maharani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *