14 Fitur dan Kelebihan Android Q

6 min read

14 fitur dan kelebihan android Q

14 Fitur dan Kelebihan Android Q – Android adalah sebuah sistem operasi yang berupa piranti lunak tidak berwujud, namun berupa deretan kode program berbasis Linux dirancang untuk perangkat seluler seperti yang banyak kita jumpai saat ini. Jika tanpa Android, ponsel sehebat apapun tidak akan dapat berfungsi. Mirip seperti tubuh, sekuat apapun fisiknya jika tidak bernyawa ia tidak mampu bergerak dan beraktivitas.

Terdapat hal menarik yang terdapat di Android yaitu sebuah penerapan yang manipulasi langsung sehingga ponsel yang ditenagai Android bisa merespon input seperti sentuhan seperti menggesek,mencubit, mengetuk, menekan dan lain-lain. Sebab Android merupakan kode berlisensi open source, dariitu maka pengembang aplikasi dan pabrikan dapat memperluas fungsionalitasnya ke batas-batas yang maksimal.

Sejarah Android

Untuk android sendiri pada mulanya berada di dibawah naungan Android, Inc.Yaitu sebuah perusahaan yang didirikan tahun 2003 silam oleh Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Chris White. Markas besarnya berlokasi di Palo Alto, California. Uniknya, Android pada mulanya tidak dibuat untuk ponsel, melainkan untuk kamera digital.

Dengan tujuan itu bergeser ketika perusahaan menyadari bahwa peluang mereka lebih besar untuk berkembang jika menyasar perangkat mobile. Maka jadilah Android diplot agar dapat menyaingi Symbian dan Windows Mobile yang kala itu menjadi pemain utama.Namun saat memulai dikerjakan, karena suatu alasan, Android Inc menjalani misi itu secara tersembunyi.

Pada tahun tahun 2005, tepatnya pada saat tanggal 17 Agustus, Google meminang Android Inc yang artinya Google juga memboyong para pendiri Android ke dalam naungan perusahan mereka. Tetapi hingga di penghujung
2006, Google belum dapat melahirkan apa-apa, Android menghilang dan barulah pada 22 Oktober 2008 ponsel seluler komersil pertama berbasis Android diluncurkan dengan nama HTC Dream.

Hingga 2 tahun berselang, Google akhirnya bisa meluncurkan ponsel pintar seri Nexus 1 yang proses pembuatannya dibantu oleh HTC. Kemudia setelah itu muncul berbagai brand yang berasal dari OEM dengan hal berbeda mulai dari Samsung, LG, Asus, Lenovo, HTC, dan lain sebagainya.

Dengan total,hinga bula September 2013 sedikitnya ada 1 miliar perangkat Android yang telah diaktifkan di seluruh dunia dengan lebih dari empat miliar aplikasi terpasang dari Google Play Store.

Versi-versi Android

Dengan bergulirnya waktu, Android pun mengalami berbagai perubahan dan perbaikan. Karateristik barupun ditambahkan demi memberikan sebuah performa yang lebih optimal. Perkembangan inovasi ini melahirkan beberapa versi dan nama, di antaranya:

  • 1.5 Cupcake, dirilis pada 30 April 2009
  • 1.6 Donut, 15 September 2009
  • 2.0–2.1 Eclair, 26 Oktober 2009
  • 2.2 Froyo, 20 Mei 2010
  • 2.3–2.3.2 Gingerbread, 6 Desember 2010
  • 2.3.3–2.3.7 Gingerbread, 9 Februari 2011
  • 3.1 Honeycomb, 10 Mei 2011
  • 3.2 Honeycomb, 15 Juli 2011
  • 4.0.3–4.0.4 Ice Cream Sandwich, 16 Desember 2011
  • 4.1.x Jelly Bean, 9 Juli 2012
  • 4.2.xJelly Bean, 13 November 2012
  • 4.3.x Jelly Bean, 24 Juli 2013
  • 5.0 Lollipop, 15 Oktober 2014
  • 6.0 Marshmallow 29 Mei 2015

7 Aplikasi Android Terpopuler di indonesia

Dilihat dari Google Play Store, berikut daftar 7 aplikasi ponsel yang
banyak digunakan warga +62 (kode area telepon Indonesia

1. Facebook

14 Fitur dan Kelebihan Android Q-

Adalah sebuah pelayanan jejaring sosial berkantor pusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat yang diluncurkan bulan Februari 2004. Sampai September 2012, Facebook mempunyai lebih dari satu miliar pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan telepon genggam.Aplikasi yang diluncurkan pertama kali pada tahun 2004 ini oleh Mark Zuckerberg sukses diunduh sebanyak 5 miliar orang saat ini.

2. Instagram

14 Fitur dan Kelebihan Android Q-

Adalah sebuah sosial media yang populer dan lebih menonjolkan foto dan video sebagai daya tariknya. Dengan seiring jalannya waktu, aplikasi ini mempunyai fitur Instagram Storeis yang laku.Instagram banyak digunakan kalangan masyarakat untuk membagikan momen kesehariannya. Selain itu, Instagram sudah mencapai angka 1 miliar unduhan saat ini.

3.Tik Tok

14 Fitur dan Kelebihan Android Q-

Aplikasi sosial media buatan ByteDance menawarkan para penggunanya untuk dapat membuat konten video musik pendek yang mengandalkan kreativitas.Tik Tok berhasil mengantongi sebanyak 100 juta lebih pengunduh dan di Indonesia sendiri sedang viral saat ini.

4. WhatsApp Messenger

14 Fitur dan Kelebihan Android Q-

Aplikasi pesan singkat yang dimiliki oleh grup Facebook menjadi aplikasi komunikasi yang sangat populer dengan sukses mencapai angka 5 miliar unduhan.Di Indonesia, aplikasi Whatsapp banyak digunakan untuk keperluan kerja, perkuliahan, bahkan mendekati dambaan hati. Untuk mendaftar WhatsApp juga sangat mudah hanya perlu tersambung dengan nomor ponsel.

5. Use Browser

Adalah aplikasi peramban web diluncurkan sejak 2004 ini berhasil menggaet pengunduh sebanyak 500 juta orang.
Dikenal sebagai peramban web yang memiliki kecepatan ekstra, UC Browser juga memiliki fitur pendukung yang populer seperti Ad Block, Night Mode, dan lain sebagainya.

6. Shareit

Aplikasi ini pun berhasil mendapat angka 1 miliar pengunduh saat
ini.Cepat dan bisa mengirim file dari berbagai format seperti lagu,
foto, dokumen, dan lain sebagainya menjadi kekuatan utama pada aplikasi
ini.

7. Spotify

sporty

 

 

Adalah aplikasi musik terpopuler di Indonesia yang berhasil menarik pengunduh sebanyak 500 juta orang. Selain banyak menawarkan lagu-lagu resmi dari musisi mancanegara. Dan Spotify juga semakin eksis karena kini dikenal platform untuk mendengarkan Podcast.

14 Fitur dan Kelebihan Android Q

Berikut 14 fitur dan kelebihan android Q yang perlu anda ketahui diantaranya:

1. Kontrol Privasi yang Lebih Baik

Dengan Privasi menjadikan salah satu fokus utama Google dalam pengembangan Android Q. Untuk itu, Android Q akan mengizinkan pengguna mengelola privasi dengan lebih mudah dan leluasa.Melalui sistem Android terbaru ini, pengguna bisa melihat dan mengatur bagaimana aplikasi maupun perangkat smartphone seharusnya mengumpulkan informasi, seperti lokasi atau data-data sensitif yang dimiliki pengguna.

Sistem baru ini juga bakal mencegah aplikasi berjalan di latar belakang, serta membatasi perangkat ke data-data permanen, seperti IMEI, nomor seri, dan pengidentifikasi sehingga keamanan lebih terjamin.

Lalu untuk memperkuat keamanan dari perangkat, Google memindahkan framework otentikasi yang mendukung sensor biometrik ke level sistem pada Android Q. Tidak itu saja, mereka juga telah menerapkan TLS 3 yang
mempunyai kinerja lebih baik dan lebih aman.

2. Mode Gelap yang Baru

Sebenarnya Mode gelap merupakan salah satu permintaan populer para pengguna. Untuk itu, Google menghadirkannya di Android Q. Untuk yang sudah memasang sistem baru ini, bisa mengaktifkannya melalui Settings dan masuk ke bagian Display.

3. Notifikasi yang Lebih Membantu

Lalu Google juga melengkapi Android Q dengan panel notifikasi yang lebih pintar. Dengan melalui panel yang baru, pengguna bisa terlibat dengan aplikasi secara lebih cepat tanpa membuka aplikasi tersebut

4. Navigasi Gesture yang Lebih Mirip iOS

Walaupun navigasi gesture sekarang sudah hadir sejak Android Pie, tetapi Android Q membawa navigasi benar-benar gesture seluruhnya. Hinga bahkan sistem terbaru ini, Google menghilangkan panel navigasi yang di bagian bawah layar.

5. Digital Wellbeing

Untuk Melanjutkan Android Pie, Digital Wellbeing menjadi tema utama Android Q. Dengan berbagai macam fitur di dalamnya, pengguna dapat menemukan keseimbangan dalam menggunakan smartphone.

Untuk Android Q sendiri, Google memberikan fitur Focus Mode dan Family Link. Untuk Focus Mode dirancang agar para pengguna lebih fokus , seperti belajar atau bekerja. Aplikasi Family Link sebenarnya set perlengkapan kontrol parenting yang baru.

6. Live Caption

Dengan berbekal sistem smart buatan yang semakin canggih untuk saat ini, Google menghadirkan fitur Live Caption di Android Q. menggunakan fitur ini, para pengguna dapat lebih mudah menikmati berbagai macam video dengan caption.

7. Akses Internet yang Lebih Baik

Untuk selain meningkatkan kinerja dari Wi-Fi, Android Q sudah dilengkapi dengan mode high performance dan low latency. Dengan ini, kinerja Wi-Fi dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari aplikasi yang digunakan.

8. Dukungan Dynamic Depth untuk Aplikasi Foto

Melewati Android Q, Google menambahkan format gambar baru yang disebut dengan Dynamic Depth. Menggunakan format baru ini, aplikasi kamera pihak ketiga bisa mengambil gambar dengan latar samar (blur) dengan lebih baik.

9. Dukungan untuk Ponsel Lipat

Seiringan dengan tren smartphone bisa dilipat, Google mengoptimalkan Android Q supaya bisa bekerja dengan baik di ponsel jenis ini. Untuk android Q bakal mempunyai transisi lebih mulus dan membuat aplikasi ataupun game ditampilkan yang lebih sesuai.

10. Berbagi Wi-Fi Lebih Mudah

Beriringan dengan kontrol privasi yang sudah lebih mudah, Android Q dibekali dengan fitur berbagi Wi-Fi melalui kode QR. Karateristik yang lumayan mirip dengan yang dimiliki Xiaomi ini akan mempermudah pengguna berbagi Wi-Fi tanpa perlu menyebutkan SSID dan password ke orang lain.

11. Native Screen Recording

Ini adalah salah satu fitur yang telah diminta oleh para pengguna . Melalui Android Q, Google mewujudkan permintaan tersebut. Agar dapat bisa menggunakannya, para pengguna tinggal mengaktifkannya terlebih dahulu melalui Mode Pengembang.

12. Mode Desktop

Sama halnya dengan Samsung yang memiliki Samsung Dex, Android Q juga akan berubah menjadi tampilan desktop saat dihubungkan dengan monitor atau layar eksternal. Untuk tampilan ini, para pengguna lebih mudah
untuk menikmati berbagai macam hal.

13. Halaman Info Aplikasi yang Lebih Informati

Untuk tampilan di halaman informasi masing-masing aplikasi juga mendapatkan perombakan oleh Google dalam Android Q. Saat ini, tampilannya sudah lebih informatif, seperti jumlah pemberitahuannya, serta konsumsi data yang dipisah (Wi-Fi dan Seluler).

14. Sharing Shortcut

Saat ini di dalamnya, Google memberi tambahan opsi Sharing Shortcut yang dapat digunakan untuk berpindah dari aplikasi satu ke yang lain untuk membagikan konten.

Untuk bisa menikmati fitur dan kelebihan baru dari Android Q ini, Google telah membuka akses awalnya melalui program Beta. Maka dari sini Para pengguna yang mencoba menginstal sistem ini ke perangkat yang
mendukungnya.

Dekian ulasan kami tentang 14 Fitur dan Kelebihan Android Q semoga bermanfaat.

Maria Rosalina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *